It's Me, Myself and I
Me ? Myself ? and ? I ?







Lidah Kucing Pelangi
Selasa, 14 Agustus 2012 | 5 comment[s]

     Beberapa hari menjelang lebaran ini saya sibuk membuat kue bersama Mama dan kakak perempuan saya.
     Ini adalah yang pertama kalinya setelah kurang lebih enam tahun tidak pernah membuat kue lagi. Dulu, sebelum saya sekeluarga pindah rumah, Mama rajin banget bikin kue. Bikin kuenya barengan tuh, sama tante-tante dan nenek saya.
     Karena rumah kami sekarang letaknya jauh dari tante-tante dan nenek saya itu, Mama jadi males mau bikin kue sendiri. Mama milih beli atau nitip dengan tante saya yang lain yang lagi bikin kue.
     Tahun ini, saya maksa Mama buat kue sendiri. Mama sih setuju aja, asalkan kakak saya dan saya ikut ngebantu. Saya berfungsi sebagai tukang cicip, karena saya sedang dapat dispen puasa.
     Sejauh ini, kami sudah berhasil membuat kue choco crispy, kue kacang mede, kue semprit, jintan dan baru-baru ini kue lidah kucing pelangi.
     Kue yang satu itu belakangan sedang naik daun. Rasanya sih sama aja kayak kue lidah kucing yang biasa dibuat, bedanya hanya diwarna saja. Kue lidah kucing pelangi warnanya eye-catching banget, karena terdiri dari enam warna: merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu.
     Resepnya saya ambil dari sini.
     Susahnya buat kue ini ya karena kalau biasanya lidah kucing tinggal sekali semprot, lidah kucing pelangi harus enam kali semprot. Warnanya juga berurutan, mejikuhibiniu minus warna nila.
     But it's all worth it. Pas jadi kuenya cantik banget. Mau dimakan aja rasanya sayang, hihihi.
     Dicoba ya, dicoba...
Tips dari saya:
Pewarna makanannya beli tiga warna saja, warna-warna primer (merah, kuning, dan biru). Untuk mendapatkan warna hijau, campurkan pewarna warna biru dan kuning. Untuk mendapatkan warna ungu, campur pewarna biru dan merah. Last, untuk mendapatkan warna jingga, campurkan pewarna warna merah dan kuning.
Dengan cara ini kita jadi lebih hemat dan tidak mubazir, karena toh pewarna yang digunakan hanya sedikit.
     So, that's my story. How about yours?

Label: , , , ,



Older Post . Newer Post